Makanan Non-Organik Pemicu Kanker Serviks

Penakita | MALANG – Hidup sekarang makin tidak mudah. Banyak pengaruh lingkungan bisa jadi pemicu sakit dan bahkan bisa berakibat fatal, kematian.

Kanker serviks misalnya, yang dulu hanya menimpa kalangan wanita berusia lanjut, kini juga bisa terjadi pada usia remaja. Dan penyebabnya antara lain adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

‘Makanan sampah’ atau junk food bisa jadi pemicu kanker serviks. Karena itu, sebaiknya mengonsumsi makanan organik yang bebas polutan dan zat-zat kimia.

Makanan non-organik memiliki andil besar penyebaran virus human papiloma virus (HPV). Virus inilah pemicu utama penyebab kanker yang menjadi momok kaum hawa.

Itulah yang antara lain disampaikan Dr M Ma’roef SpOG, Ahli Kandungan RS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam Seminar Kanker Serviks di Rumah Sakit UMM beberapa waktu lalu. “Untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit kanker serviks, perempuan harus senantiasa menjaga kebersihan tubuh, terutama organ reproduksinya. Kebersihan makanan dan menghindari makanan non-organik juga memperkecil peluan terjangkit penyakit ini,” begitu pesannya.

Selain itu, lanjut Ma’roef, kaum wanita juga diharapkan menjaga diri dari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif. “Kalau suami merokok, mulai sekarang disarankan agar menghentikan kebiasaannya itu, karena bisa meracuni keluarganya,” harap Ma’roef.

Menurut Nasrullah, Kepala Humas UMM, kegiatan tersebut merupakan rangkaian bakti sosial RS UMM dalam rangka memperingati Hari Ibu. Sebanyak 150 perempuan tua-muda di Kota Malang mengikuti kegiatan ini.
Selain mengikuti seminar, lanjutnya, para peserta juga mengikuti tes papsmear gratis. ”Semua yang hadir di sini tidak ada peserta yang terjangkit virus HPV dan juga tidak ada indikasi terjangkit kanker serviks. Alhamdulillah,” ucapnya.

Pengakuan senada dilontarkan Utami (21), salah seorang peserta seminar. ”Tadi saya juga dites, alhamdulillah, tidak ada HPV,” katanya senang.

Utami mengaku dirinya baru tahu bahwa makanan bisa menyebabkan kanker serviks. Apalagi kalau makanan itu tidak organik, akan semakin besar potensi terkena kanker serviks.

”Ternyata makan makanan non-organik, seperti fast food, bisa memicu kanker serviks. Ngeri ya!” tegasnya. sum