banner 468x60

Manfaatkan Energi Surya, Ido Raih Perunggu OSN

426 views
iklan

JEMBER – Mahasiswa Universitas Jember, Ido Hilka Zirahya, meraih medali perunggu pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) – Pertamina 2012 untuk bidang Fisika.

Babak final digelar di Kampus Universitas Indonesia, 26-30 November 2012 lalu. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini menyajikan karya tulis berjudul: Pemanfaatan Energi Surya Melalui Teknologi Non Photovoltic Untuk Pemanasan Air Dengan Kolektor Plat Datar dan Pemanas Ruangan Dengan Dinding Trombe dan Green House.

Tulisan ilmiah ini sudah disiapkan Ido di bawah bimbingan para dosen program studi itu, antara lain Sri Astuti, Rifati Dina Handayani, dan Yushardi. “Alhamdulillah, saya akhirnya bisa melewati dengan perjuangan berat,” kata Ido, sebagaimana dilansir Humas Unej.

Selain memaparkan karya tulis ilmiah, Ido juga menempuh ujian teori, dengan materi mekanika klasik, fisika statistik, elektrodinamika, dan fisika kuantum.

Dalam babak final, Ido dikalahkan oleh wakil dari Universitas Indonesia dan wakil Universitas Diponegoro. “Presentasi saya kalah karena masih di tataran kajian pustaka. Sementara kawan dari Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro sudah selangkah lebih maju dengan membuat aplikasinya,” katanya.

author