banner 468x60

Masa Pengiriman Karya Foto Tinggal Dua Hari

440 views
iklan

lombafotoPenakita | SURABAYA – Lomba Foto Hari Anak & Hari Pahlawan tinggal dua hari. Pegiat fotografi diharap segera mengirimkan karya fotonya dan mengupload di jejaring sosial (facebook dan twitter) PENAKITA.

Panitia lomba juga mengingatkan pada peserta agar tidak lupa mengikuti tata cara penamaan file sehingga panitia tidak kesulitan mengidentifikasi identitas peserta. Penamaan file foto sebagai berikut: NAMA_JUDULFOTO_KOTA_#nomerfoto. Contoh : PAIJO_TERIMAKASIH KAKAK_ACEH_#5

“Masih banyak peserta tidak menamai file dengan benar sehingga panitia kesulitan ketika mendata karya foto yang masuk,” tandas Masich Prasetyo, Ketua Panitia Lomba Foto Anak & Story Telling 2014.

Tahapan berikutnya adalah mengunggah karya foto tersebut ke FanPage Facebook (facebook.com/PenakitaDotCom) dan Twitter @pena_kita dengan diberikan penjelasan singkat tentang foto tersebut. “Kami memberi apresiasi khusus pada karya foto yang mendapat like maupun yang dishare ke lebih banyak akun facebook, atau yang diretweet di akun twitter,” ucap pria yang akrab disapa Pras ini.

Mengenai asal peserta, Pras menyatakan, masih sama seperti Lomba Foto PENAKITA pada peringatan Hari Anak 2013. “Masih sama seperti tahun lalu, hampir merata dari seluruh penjuru Tanah Air. Cuma ya itu tadi, karena banyak yang tidak memberi nama file dengan benar maka terpaksa yang ini kami sisihkan dulu. Panitia mendulukan peserta yang mengirim karya fotonya dengan cara yang benar,” cetusnya.

PENAKITA bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Lomba Foto dalam rangka Hari Anak Nasional dan Hari Pahlawan 2014. “Tema besar kami kali ini adalah Hari Pahlawan. Kami ingin tahu seperti apa gambaran sosok pahlawan di mata anak-anak. Karena sosok pahlawan sekarang tentu tak lagi harus menenteng senjata dan bergerilya,” tutur Pras.

Ditekankan pula, di era kemerdekaan ini pengertian pahlawan cakupannya lebih luas. “Guru bisa jadi pahlawan, tukang sapu di jalanan juga pahlawan. Atau bahkan orangtua pun tentu pahlawan juga,” bebernya.

Penanaman sosok pahlawan sejak usia dini itu ditekankan Pras amat penting agar ketika remaja dan dewasa mereka punya wawasan mengenai sosok pahlawan yang mereka idolakan. “Melalui lomba ini diharapkan ada penanaman sikap sejak dini untuk menghargai orang lain dalam kegiatan profesi apa pun dengan standar yang sama. Dengan karya fotografi diharapkan bisa mengedukasi masyarakat tentang semangat kepahlawanan di era kemerdekaan,” pungkasnya. ari

author