banner 468x60

Mata Bisa Gantikan Fungsi Mouse

410 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Tak cuma tangan, saat bekerja dengan komputer kini kita dapat memberdayakan mata, terutama kelopak (mata) kita. Karena sebuah teknologi membuat salah satu indera ini berfungsi sebagai metode tracking pengganti tetikus, atau yang biasa kita menyebutnya mouse komputer.

Seperti dikutip dari Mashable, sebuah metode navigasi unik dengan gerakan kelopak mata yang dikembangkan oleh Tobii Gaze, bernama Tobii’s eye tracking. Metode ini kini dikembangkan dalam beberapa perangkat, seperti komputer dan tablet.

Dalam sebuah video perkenalan, perangkat sistem lunak ini sedang diperagakan dan berjalan dengan lancar di perangkat sistem operasi Windows 8. Metode ini sendiri bekerja dengan sensor kamera yang bertugas membaca gerakan mata. Sementara berkedip akan sama artinya dengan fungsi klik pada tetikus.

Metode navigasi komputer unik ini telah diperkenalkan dalam even CES awal tahun 2012 lalu. Dalam video percobaan, seseorang dapat melewati beberapa level game asteroid dengan hanya mengontrol tembakan dengan mata menggunakan Tobii’s eye tracking. adi

author