banner 468x60

Materi Olahraga Terlalu Ringan Bawa Akibat Buruk

442 views
iklan

ofsteadPenakita | INGGRIS – Sebuah survei di Inggris baru-baru ini mengungkap, penerapan mata pelajaran dengan materi yang terlalu ‘ringan’ akan membawa dampak buruk. Hal ini tentu saja akan sangat terasa dalam 30 tahun kedepan.

Seperti dikutip dari BBC, (14/2) menurut Tim pengawas dari Badan Standar Pendidikan (OFSTED), kualitas mata pelajaran olahraga di Inggris sangat rendah. Karena hal ini sangat sering diisi dengan kuantitas materi yang terlalu banyak, dengan perbandingan praktik yang sedikit.

Temuan ini didasarkan atas riset yang dilakukan di 120 sekolah dasar dan 110 sekolah menengah selama 4 tahun. Menurut laporan, dibanding riset yang dilakukan pada tahun 2008, jumlah sekolah yang menerapkan pelajaran olahraga dengan kualitas buruk meningkat.

Menurut Profesor Kathleen Armour dari Jurusan Ilmu Olahraga dan Kebugaran di Universitas Birmingham mengatakan peningkatan kualitas pendidikan olahraga penting dilakukan.

“Pengawas pemerintah telah mengatakan hal ini selama lebih dari 30 tahun. Jadi sekarang kita tahu ada masalah dan masalahnya adalah kita tidak menyadari betapa penting pelajaran olahraga,” kata Profesor Kathleen.

Bagi para ilmuwan, hal ini adalah pertanda buruk jika tidak segera ditanggulangi. Untuk itu, perlunya riset secara menyeluruh dan memperbaiki sistem pendidikan olahraga. Sebuah pelajaran yang sepertinya harus ditiru oleh sistem pendidikan kita. adi

author