Mau Tahu Masuk Kategori UKT Yang Mana? Ini Caranya!

logo unairPenakita | SURABAYA - Bagaimana untuk mengetahui besaran biaya yang harus dibayarkan? Bagaimana pula prosedur pembayarannya? Menurut M Nasih, Wakil Rektor II Universitas Airlangga (Unair), calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melapor dan mengisi sejumlah data seperti penghasilan orangtua dengan membuka website Unair.

Data-data itu lalu dimasukkan ke formula untuk menentukan calon mahasiswa masuk di kelompok mana.  Setelah itu tim akan melakukan verifikasi kebenaran data-data tersebut. Baru kemudian diterbitkan nilai uang kuliah tunggal (UKT) yang harus dibayarkan per-semesternya.

Nasih menjamin mahasiswa dari golongan ekonomi menengah ke bawah tidak bakal dibebani UKT yang tinggi.
Ini disebabkan karena mereka akan mendapatkan bagian dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri BOPTN) yang diterima Unair.

Dengan BOPTN ini sebagian biaya kuliah operasional perguruan tinggi ditanggung oleh pemerintah, sehingga mahasiswa hanya perlu membayar SOP (SUmbangan Operasional Pendidikan) saja. “BOPTN ini akan kami berikan pada mahasiswa kurang mampu. Kalau mampu, ya bayar sendiri. Kami tidak memberlakukan subsidi silang,” beber Nasih.

Penentuan besaran UKT tersebut, lanjut Nasih, berdasar penghasilan orangtua serta variabel lain seperti jenis pekerjaan orangtua, tagihan listrik tiap bulan, serta jumlah kendaraan bermotor yang dimiliki. ari