banner 468x60

Mendikbud Apresiasi Pejabat Eselon I Yang Mengundurkan Diri

405 views
iklan

UNSDPenakita | GRESIK – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh menganggap wajar pernyataan pengunduran diri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Khairil Anwar Notodipuro. M Nuh bahkan mengapresiasi sikap Khairil Anwar terkait karut marut pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA beberapa waktu lalu itu.

M Nuh menyatakan, pihaknya tetap memberikan hak setiap orang yang berniat mengundurkan diri. “Kami tetap memberikan apresiasi dan penghargaan kalau ada pejabat yang mengundurkan diri,” tegas Nuh yang ditemui di sela acara peresmian Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia (STIMSI) di Gresik, Sabtu (11/5/2013).

Meski begitu, mantan Rektor ITS ini mengingatkan, pengunduran diri pejabat terkait pelaksanaan UN tingkat SMA tersebut harus sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. “Nanti ada prosedur dan ada mekanismenya sebagai tindak lanjut,” tandasnya.

Bila pejabat tersebut masuk eselon II, lanjut Mendikbud, kewenangannya berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tetapi, jika eselon I tentu harus disampaikan presiden terlebih dulu.

“Sebab itu ada di wilayah tanggungjawab Pak Presiden yang mengangkatnya,” ungkap Nuh.

Ditambahkan pula,”Nanti Presiden yang mempertimbangkan dan memutuskan, apakah pengunduran diri pejabat itu diterima atau tidak. Sampai sekarang kami juga belum menyiapkan pejabat pengganti.”  ari

author