banner 468x60

Mendikbud : Lapor Presiden Dulu Baru Umumkan ke Publik

363 views
iklan

un+2012Penakita | JAKARTA – Masyarakat tampaknya masih harus sabar menanti pengumuman hasil investigasi inspektorat jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) terkait karut marut hasil ujian nasional (UN) beberapa waktu lalu. Pasalnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, masih akan menyampaikan hasil investigasi itu ke presiden terlebih dulu.

Menurut Mendikbud, secara birokrasi pihaknya harus melapor terlebih dahulu ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku atasannya. Baru setelah itu dia bisa membeberkan kepada publik hasil investigasi tersebut.

“Inspektorat sudah kasih hasilnya, tapi itu hanya terkait pelaksanaan. Untuk pengadaan masih perlu pendalaman,” ujar Nuh sambil menambahkan,”Untuk kapan waktu akan dipublikasikannya, saya mau laporkan detailnya ke presiden dulu.”

Terpisah, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Haryono Umar memahami langkah birokrasi tersebut. Namun, Haryono berharap masalah itu sebaiknya segera diselesaikan agar hasil investigasi ini segera diumumkan kepada publik.

Ditegaskan Haryono, masyarakat masih bertanya-tanya awal penyebab kisruh UN tahun ini yang dinilai merugikan banyak siswa. “Memang harus dilaporkan dulu, tapi yang ngumumin menteri. Saya ingin ini segera diberitahukan saja agar jelas,” cetusnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, UN untuk jenjang SMA/SMK/MA yang digelar April lalu mengalami kekisruhan karena ada kendala pada proses distribusi. Akibatnya, pelaksanaan UN di 11 provinsi terpaksa ditunda. dde

author