Mendikbud : Semoga Ini Jadi Pelajaran Berharga

muhammad-nuh2Penakita | JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, mengaku dirinya dan jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) amat menyesalkan pengunduran diri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud, Khairil Anwar Notodiputro menyusul karut marut pelaksanaan ujian nasional (UN) di tingkat SMA/MA/SMK beberapa waktu lalu.

“Kami semua berat. Tapi, mudah-mudahan ini jalan terbaik untuk perbaikan pelaksanaan UN dan perbaikan pendidikan kita ke depan. Dan semoga semua langkah yang diambil dapat menjadi pelajaran berharga,” ujar Mendikbud dalam acara jumpa pers Hasil Investigasi UN di Kemendikbud, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Meski surat pengajuan diri Khairil Anwar sudah diajukan sejak tanggal 3 Mei 2013, namun Kabalitbang tetap menyelesaikan pelaksanaan UN 2013. Bahkan, menuerut M Nuh, pihak Balitbang serta pelaksana UN lainnya masih terus bekerja hingga pengumuman pada 24 Mei mendatang.

“Intinya, orientasi kami adalah bagaimana UN berjalan baik,” tandasnya.

Diakui Mendikbud, pihaknya semula hanya ingin fokus pada penyelesaian UN SMP/MTs, karena UN untuk jenjang tersebut juga masih rawan masalah. “Saat itu, kami berpikir bisa menyelamatkan pelaksanaan UN terlebih dahulu. Sekarang semuanya sudah berjalan lancar dan masuk tahap penyelesaian,” paparnya. dde