banner 468x60

Mendikbud Siap Umumkan Hasil Investigasi UN Hari Ini

430 views
iklan

ujian-nasional- smaPenakita | Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, berjanji mengumumkan hasil investigasi kemelut pelaksanaan ujian nasional (UN), Senin (13/5/2013) ini. Pernyataan tersebut disampaikan M Nuh ketika meresmikan Politeknik Negeri Madiun di Kota Madiun, Sabtu (11/5/2013) lalu.

Menurut Mendikbud, tidak semua hasil investigasi diumumkan ke publik. ”Yang siap diumumkan kepada publik baru wilayah pelaksanaan,” ujar Nuh waktu itu.

Ditambahkannya, ada tiga wilayah yang diinvestigasi, yakni lelang pengadaan, pelaksanaan, dan percetakan. Hasil investigasi internal pada dua wilayah, yakni lelang pengadaan dan percetakan, belum bisa disampaikan kepada masyarakat. Alasannya, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih memerlukan beberapa penajaman.

Pada wilayah pengadaan, misalnya, menurut Nuh, masih perlu beberapa informasi lebih dalam untuk sampai akar persoalan. Karena itu, ia meminta kelonggaran waktu supaya bisa menyampaikan hasil investigasi internal secara menyeluruh.

Selain mengumumkan hasil investigasi internal penyebab karut-marut penyelenggaraan UN 2013, Nuh juga mengaku akan memberikan sanksi tegas kepada pihak yang terbukti bersalah atau melanggar hukum.

”Sanksi diberikan mulai dari paling ringan, yakni peringatan tertulis, hingga sanksi terberat berupa pemberhentian. Penerapan sanksi akan dilakukan sesuai situasi,” tutur mantan Rektor ITS ini. dde

author