banner 468x60

Mendikbud : Tiap Tahun Ada 3.000 Guru Pensiun

418 views
iklan

Mendikbud2Penakita | SURABAYA – Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh menegaskan lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPPG) tidak harus menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pasalnya, ditegaskan Mendikbud, guru lulusan PPPG dijamin memiliki daya saing tinggi.

Menurut mantan Rektor ITS ini, tingkat kebutuhan guru di Indonesia sangat tinggi karena setiap tahun ada 33.000 guru yang pensiun. “Kita ini sangat butuh guru. Jadi tidak harus ikatan dinas,” tandasnya.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, M Nuh menyatakan, pihaknya terus menyiapkan kemampuan dan kompetensi tenaga pendidik. “Setelah jadi guru dapat tunjangan profesi kan lumayan,” begitu ucapnya.

Ditambahkan pula, program PPPG tahun depan bertambah dari 3.000 mahasiswa menjadi 4.000 mahasiswa. Lulusan PPPG ini selanjutnya dikirim untuk memenuhi kebutuhan guru di wilayah Papua Barat, NTT, Maluku Utara, serta sepanjang perbatasan Kalimantan dan Aceh.

Namun, sejumlah peserta PPPG menyatakan sertifikasi guru profesional yang mereka raih setelah lulus belum menjamin dapat tunjangan profesi pendidik (TPP). Karena ada syarat yang harus mereka penuhi untuk mendapatkan TPP tersebut, yaitu mengajar minimal 24 jam per-minggu. Artinya mereka harus segera mendapatkan sekolah yang bisa memberi waktu mengajar minimal 24 jam. ari

author