banner 468x60

Mendongeng Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

431 views
iklan

Penakita | YOGYAKARTA – Dongeng bermanfaat membentuk karakter anak. Begitu menurut Muhammad Aris, pakar dongeng dari Yogyakarta. Karena itu, kata Aris, aktivitas mendongeng ini harus terus dihidupkan terutama oleh kalangan orang tua.

“Saat ini, budaya dongeng dari orang tua kepada anak sudah mulai langka. Untuk itu, kami mengajak orang tua untuk menghidupkan kembali budaya mendongeng untuk memberikan kesan hangat di dalam keluarga,” kata Aris beberapa waktu lalu.

Selain itu, lanjut Ars yang dikenal dengan sebutan Kak Aris Pahlawan Bertopeng tersebut, mendongeng dapat meningkatkan kecerdasan anak sedangkan mendongeng secara rutin cukup efektif dalam mengakrabkan hubungan antara orang tua dengan anaknya. Ia berharap, baik orang tua maupun guru tidak menyia-nyiakan manfaat dongeng untuk anak-anak.

“Dongeng juga bisa disukai anak-anak selayaknya seorang anak menyukai makanan favoritnya,” paparnya.

Melalui dongeng, kata dia, anak bisa belajar kosakata baru, belajar untuk mengekspresikan perasaan, seperti senang, sedih, ataupun marah, serta menyerap nilai-nilai kebaikannya. Aris berharap pada orang tua atau guru yang hendak mendongeng agar tanpa menggunakan media, melainkan hanya lewat gerakan, suara, maupun ekspresi, sehingga anak bisa berimajinasi.

“Jika menggunakan media, imanijasi anak kurang terlatih karena gambarnya sudah bisa dilihat langsung,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, mendongeng tidak ada batasan umur, bahkan bayi yang masih dalam kandungan orang tua bisa didengarkan dongeng. Ditekankan Aris, bahan dongeng memang harus disesuaikan usia agar dapat mengena.

author