banner 468x60

Mesin Karya Siswa SMK Ini Mampu Mendaur Ulang Plastik

483 views
iklan
Siswa SMK sedang memeragakan penggunaan mesin pencacah plastik

Siswa SMK sedang memeragakan penggunaan mesin pencacah plastik

Penakita | SURABAYA – Siswa SMK kian kreatif dan inovatif. Karya yang dibuat pun sangat aplikatif dan bermanfaat untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Karya siswa SMK Wahana Karya dan SMK Yesta Surabaya ini misalnya. Di bawah bimbingan SMK Negeri 12 Surabaya, siswa SMK Wahana Karya dan SMK Yesta Surabaya ini berhasil menunjukkan kemampuannya membuat mesin pencacah plastik dan parutan kelapa portable.

Kegiatan yang dilakukan melalui program peningkatan kinerja penyelarasan ini membuktikan terciptanya sebuah mesin pencacah plastik yang sangat efisien dan mudah digunakan. Tinggal memasukkan wadah plastik seperti botol maupun gelas, mesin ini secara otomatis akan mencacahnya menjadi siap didaur ulang.

Sementara parutan kelapa portable sangat cocok digunakan untuk usaha-usaha rumah tangga karena bentuknya yang ringan dan

sederhana sehingga mudah dibawa kemana pun. Menurut Biwara Sakti Pracihara, guru pembimbing SMKN 12 Surabaya, mesin ini mampu memarut 20 kelapa utuh hanya dalam waktu satu jam.

Ditambahkan Pracihara, keberadaan mesin pencacah plastik di sekolahnya akan sangat berguna mendukung program eco school. “Selama ini tim eco school kami selalu bergerak mengumpulkan sampah-sampah plastik yang memang sangat banyak. Dengan alat ini

sampah plastik itu akan mudah dihancurkan untuk kemudian di daur ulang,” tuturnya.

Untuk mesin pemarut kelapa, lanjut Pracihara, rencananya akan diproduksi masal dan dijual ke pasaran. Pracihara optimis mesin ini akan banyak digemari khususnya untuk industri makanan dan minuman rumahan.

Mesin yang dibuat dengan bimbingan tim ITS Surabaya ini selanjutnya diberikan ke sekolah pembuatnya. SMKN 12 dan SMK Yesta mendapat bagian mesin pencacah plastik. Sementara SMK Wahana Karya mendapat mesin pemarut kelapa. ari

author