banner 468x60

Minum Susu Sejak Kecil Bisa Jaga Kebugaran di Usia Lanjut

361 views
iklan

Penakita | INGGRIS – Sudah bukan jadi rahasia lagi, manfaat susu dapat meningkatkan daya tahan dan memperlancar proses belajar anak. Tapi tahukah Anda, menurut penelitian, kebiasaan minum susu yang dilakukan sejak anak-anak akan jadi investasi positif saat seseorang memasuki usia senja?

Seperti dikutip dari halaman Dailymail, kebiasaan minum susu, akan menjaga seseorang berfisik bugar di usia tua. Dan kebiasaan ini juga membuat seseorang terhindar masalah keseimbangan saat usia lanjut.  Dalam penelitiannya, mereka yang sering mengonsumsi susu, rata-rata mampu berjalan lebih cepat dan jauh. Studi ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Bristol, Inggris, ini mengungkap, masalah keseimbangan yang teratasi membuat seseorang memiliki risiko patah tulang yang minim.

Peneliti dari Universitas School of Sosial dan Pengobatan Masyarakat Inggris telah melihat hubungan ini melalui sebuah penelitian. Penelitian yang termuat dalam jurnal Age and Ageing ini juga mengungkap, konsumsi harian susu pada anak-anak memberi keuntungan 5 persen, dati tes berjalan cepat.

Susu juga memberi 25 persen mengurangi risiko masalah keseimbangan yang berpotensi berbahaya. “Ini adalah studi pertama yang menunjukkan asosiasi positif asupan susu anak dengan kinerja fisik di usia tua,” tulis peneliti.

Penemuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menyoroti manfaat kesehatan dari minum susu ketika masih muda. Tahun lalu, sebuah studi menemukan anak-anak yang minum susu sekolah memiliki 40 persen resiko lebih kecil menderita kanker usus ketika dewasa. Penyakit ini membunuh lebih dari 16.000 orang per tahun di Inggris.

author