banner 468x60

Mobil Listrik ITS Disiapkan untuk APEC

340 views
iklan

mobil listrik-ITSPenakita | SURABAYA – Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya kini sedang menyelesaikan pengerjaan mobil listrik generasi kedua bernama EC-ITS 1.0 warna merah. Mobil listrik ini yang kini masuk tahapan finishing itu bakal melengkapi keberadaan mobil sejenis warna putih.

Saat ini proses pembuatan interior mobil listrik warna merah ini sudah mencapai 50 persen. Secara keseluruhan, pengerjaan mobil listrik warna merah ini ditarget selesai pada akhir September 2013. Seperti mobil listri putih, komponen utama mobil listrik merah hampir seluruhnya buatan mahasiswa ITS. Mulai dari sistem penggerak, platform, body design, hingga sistem kontrol.

Namun, untuk desainnya ada perbedaan antara kedua jenis mobil ini. “Body mobil merah kami tinggikan sekitar 4 cm karena yang putih agak pendek sehingga menyulitkan orang berbadan besar untuk masuk,” kata Dr Muhammad Nur Yuniarto, dosen pembimbing yang juga inisiator proyek mobil listrik ITS.

Ditambahkan pula, mobil listrik merah juga ada perbaikan dalam listrik charger, yaitu baterai didistribusikan di seluruh bagian mobil. Sementara kerangka mobil berbahan plat dengan berat berkisar 1.600 kilogram. Sementara motor listrik berkekuatan 30 kilowatt dan kecepatan maksimal lebih dari 100  kilometer per jam.

Menurut Nur Yuniarto, mobil listrik merah-putih ini rencananya digunakan di ajang APEC Oktober 2013 mendatang. “Menurut pak Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) kedua mobil ini akan dipakai di APEC, tapi sampai sekarang kami belum mendapat konfirmasi lagi,” tutur Nur Yuniarto yang juga pembimbing mobil tenaga surya widya wahana IV Sapuangin.

Sebelumnya, mobil listrik putih jenis 4-Seater Electric City Car secara resmi diluncurkan Mendikbud, Prof  Mohammad Nuh 26 Januari 2013. Nuh menetapkan nama untuk mobil listrik itu adalah EC (baca: easy yang berarti mudah –red) ITS 1.0.

Simbol ITS 1.0 menunjukkan mobil listrik ini karya anak ITS versi pertama. Waktu itu, Nuh juga diberi kesempatan untuk memasangkan logo mobil di bagian depan.

Lahirnya EC-ITS 1.0, menjadi awal yang bagus bagi perkembangan mobil listrik di Indonesia. Pasalnya, saat ini pemerintah sedang mengembangkan proyek Mobil Listrik Nasional (Molinas) yang digarap lima perguruan tinggi negeri yakni ITS, ITB, UGM, UI dan UNS. ari

author