banner 468x60

Murid SMA Ini Sisihkan Uang Saku untuk Anak Panti Asuhan

29 views
iklan

SMAMuhammadiyah GresikPenakita | GRESIK – Aksi sosial murid SMA Muhammadiyah (SMAM) Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik ini tentu pantas dicontoh. Mereka mengumpulkan dana secara iuran untuk kemudian disumbangkan dalam bentuk peralatan sekolah untuk anak-anak panti asuhan.

Sebanyak 38 orang murid kelas X SMAM ini menyisakan uang mereka sebesar Rp 1.000 hingga Rp 5.000 dari uang saku mereka setiap hari. “Bukan hanya kami. Bapak dan ibu guru juga turut menyumbang, sehingga setelah satu bulan bisa terkumpul Rp 4 juta,” tutur Novi, salah satu murid kelas X SMAM.

Uang yang sudah dirupakan peralatan sekolah itu diserahkan ke anak-anak panti asuhan, Minggu (19/5/2013). Aksi sosial itu digelar dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Kebersamaan siswa ini, menurut Novi, bermula dari obrolan para murid SMAM Dukun itu yang merasa tersentuh setiap melihat anak-anak panti asuhan yang tidak bisa membeli peralatan sekolah setiap tahun ajaran baru. “Kami melihat pada setiap kenaikan kelas atau pendaftaran siswa baru, anak-anak panti asuhan ini pasti kesulitan peralatan sekolah, seperti buku, pensil,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Novi, anak-anak panti asuhan ini juga tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka untuk membeli tas dan bahkan seragam sekolah yang pasti sangat mereka perlukan. “Karena itu, teman-teman lalu spontan iuran untuk membantu anak-anak di panti asuhan ini, sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan Hardiknas,” pungkas.  adi

author