banner 468x60

Nasib UN SD Tergantung Konvensi Nasional

437 views
iklan

mendikbud1Penakita | JAKARTA – Meski sudah ada peraturan pemerintah (PP) yang menegaskan dihapuskannya ujian nasional (UN) tingkat SD, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh menyatakan kepastian ‘nasib’ UN SD bergantung pada Konvensi Nasional yang diselenggarakan bulan September mendatang.

“Memang sudah ada PP-nya. Tapi, kami akan matangkan semuanya dalam Konvensi Nasional Pendidikan yang sudah direncanakan,” demikian tandas Mendikbud di Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Selain membahas UN SD, Konvensi Nasional tersebut juga akan menentukan ‘nasib’ UN tingkat SMA/MA/SMK. Pertemuan yang bakal dihadiri banyak kalangan dengan beragam latar belakang itu diharap bisa menemukan solusi mengenai arah pendidikan nasional Indonesia.

Terpisah, Ibrahim Bafadal, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa PP perubahan tentang Standar Nasional Pendidikan menjadi dasar penghapusan UN di tingkat SD mulai tahun depan. Tetapi, menurut Ibrahim, itu bukan berarti tidak ada ujian sama sekali di tingkat SD.

Formatnya, lanjut Ibrahim, bisa saja berubah menjadi evaluasi kemampuan siswa yang pelaksanaannya dikerjaan daerah masing-masing. “Prinsipnya ujian itu tetap penting, mau itu ujian lokal juga tetap penting. Tapi untuk juknis dan juklaknya kita tunggu setelah konvensi,” cetusnya. dde

author