banner 468x60

Naskah Soal dan LJUN Disimpan di Polsek

411 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Distribusi naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) tahap kelima provinsi Jawa Timur telah rampung dilakukan kemarin, Sabtu (13/4/2013). Pada tahap akhir, pengiriman dilakukan ke daerah-daerah yang jaraknya terdekat. Di antaranya adalah Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kota Surabaya.

Khusus untuk Kota Surabaya, usai naskah soal diambil dari percetakan PT Jasuindo Sidoarjo, soal dan LJUN langsung dikirim ke Polrestabes Surabaya. Kemudian, boks naskah soal dipilah sesuai jumlah rayon. Selanjutnya, pada hari yang sama, boks didistribusikan ke polsek-polsek sesuai rayon.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Dr Ikhsan SPsi MM mengatakan, naskah soal dan LJUN memang sengaja tidak diinapkan di Polrestabes, tetapi di polsek setempat. Tujuannya, agar lebih memudahkan distrbusi soal pada hari H pelaksanaan UN.

“Walaupun menginap di polsek, tidak perlu ada kekhawatiran terjadi praktik-praktik kecurangan. Karena, nanti disiapkan ruangan khusus yang digembok rangkap tiga. Masing-masing kuncinya dibawa pihak kepolisian, pengawas perguruan tinggi, dan dari Dindik Surabaya,” tutur Ikhsan kepada PENAKITA.com, Sabtu (13/4/2013).

Mantan Kepala Bappemas Surabaya ini menambahkan, pihaknya menjamin tidak akan ada kebocoran soal. Sebab, semuanya telah dipersiapkan secara matang. “Optimistis UN Surabaya putih, kan sudah ada pakta integritas juga yang dilakukan beberapa waktu lalu,” tandasnya. ika

author