banner 468x60

Naskah Soal di Sub Rayon 26 Salah Ambil

395 views
iklan

unas UNPenakita | SURABAYA – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 di Kota Pahlawan diwarnai masalah. Paket naskah soal di SMA 17 Agustus 1945 yang ada di Sub Rayon 26 diketahui tertukar.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya,  Dr Ikhsan S Psi MM mengatakan, perkiraan soal yang tertukar antara paket soal hari pertama dengan yang kedua. Namun, Ikhsan mengaku, semuanya sudah diurus oleh tim independen, pengawas, dan pihak kepolisian.

“Kami pikir, ketika mengambil naskah ke polsek, ketua sub rayon dan panitia pengawas kurang teliti. Sehingga, saat mengambil paket soalnya tertukar antara hari pertama dengan kedua. Padahal, hari pertama ujian adalah waktunya Bahasa Indonesia, tapi yang diambil justru Bahasa Inggris,” ujar Ikhsan kepada PENAKITA.com, Senin (15/4/2013).

Ikhsan menambahkan, bila proses penukaran naskah kembali ke polsek membutuhkan waktu sekitar setengah jam, maka seluruh siswa itu mendapatkan tambahan waktu selama 30 menit juga. “Tambahan waktu itu disesuaikan dengan berapa lama proses penukaran ke Polsek tempat pengambilan naskah,” kata mantan Kepala Bappemas Surabaya ini.

Agar hal itu tidak terulang kembali, Ikhsan mengimbau agar ketua sub rayon dan panitia penyelenggara lebih teliti. “Besok-besok mereka harus lebih teliti, agar tidak ada yang tertukar lagi,” tandas Ikhsan.

Dikonfirmasi terpisah, tim pengawas independen dari SMA 17 Agustus 1945 Prehantoro mengatakan, tertukarnya naskah soal ini karena kurang telitinya tim pengambil naskah ke polsek. “Tapi tadi semuanya sudah beres, proses penukaran kembali ke polsek butuh waktu setengah jam. Jadi tambahan waktunya sesuai dengan itu,” tandasnya. ika

author