banner 468x60

Naskah Soal SBMPTN Disimpan Rapat Tiga Lapis Pelindung

384 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melakukan pengaman sangat ketat pada naskah soal yang akan digunakan ujian tulis pada 18-19 Juni mendatang. Semua berkas soal disimpan rapat dalam tiga lapisan pelindung.

Lapisan pertama berupa bungkus plastik putih yang kemudian dimasukkan dalam kardus coklat. Lapisan pelindung paling luar berupa kayu tebal yang menyerupai peti untuk menjamin keamanan soal dari tangan yang berusaha membongkarnya.

“Kami merancang gudang penyimpanan sebaik dan seaman mungkin. Termasuk sisi kelembaban juga kami teliti agar tidak ada masalah pada soalnya,” ungkap Bambang Soemardiono, Koordinator Pelaksana Ujian, Sabtu (15/4/2013).

Menurut Bambang, berkas soal SBMPTN yang dikirim pusat tiba pukul 18.00 WIB, Sabtu (15/6/2013). Begitu sampai di Gedung Robotika, Sekretariat SBMPTN, berkas soal itu langsung dibongkar dengan lebih dulu mencongkel peti kayunya selanjutnya dikemas menurut sektor (lokasi) dan ruang ujiannya.

Pengemasan ini mendapat pengawalan ketat panitia dan petugas kepolisian untuk menghindari kebocoran.  Soal ini selanjutnya disimpan dalam gudang khusus Gedung Robotika.

“Soal baru bisa diambil pada hari pelaksanaan ujian yakni tanggal 18-19 Juni 2013. Pengambilan soal pun hanya boleh dilakukan panitia pelaksana untuk dikirimkan ke masing-masing lokasi ujian dan dibagi per ruangan,” pungkasnya.  ari

author