banner 468x60

Naskah Soal UN SMP Kota Probolinggo Tertukar

447 views
iklan

ujian-nasional- smaPenakita | PROBOLINGGO – Pelaksanaan ujian nasional (UN) di Kota Probolinggo kembali bermasalah. Waktu UN tingkat SMA, diwarnai kurangnya 20 soal di SMKN 1, kini saat pelaksanaan UN tingkat SMP, ada soal mata uji Matematika tertukar dengan IPA di SMPN 7.

Rabu pagi itu, para siswa SMPN 7 Kota Probolinggo seharusnya mengerjakan soal Matematika. Ternyata sampul soal yang mereka terima adalah soal IPA. Petugas UN di SMPN 7 pun sempat kalang kabut.

“Karena hanya tertukar, masalah ini bisa segera diatasi,” tutur Suhariyanto, Kepala SMPN 7. Menurut Suhariyanto, kekeliruan itu terjadi karena kurang cermatnya petugas saat memilah-milah soal ketika di Mapolresta.

Suhariyanto menceritakan, Rabu pagi itu seperti biasa, ia berangkat ke Mapolresta untuk mengambil soal Matematika. Kebetulan di subrayon 3 itu bersama SMPN 4, SMPN 6, dan STIA Bayuangga, ia mendapatkan tugas mendistribusikan soal.

Akhirnya 10 dus paket berisi masing-masing, 9 sampul besar dan 1 sampul kecil didistribusikan ke SMPN 7 sekitar pukul 06.00. Begitu dibuka menjelang UN dimulai, petugas baru tahu kalau soal Matematika tertukar IPA. Padahal soal IPA seharusnya baru dijadwalkan pada Kamis (25/4) hari ini.

Naskah langsung dimasukkan ke dalam dus kembali, dan dengan pengawalan personel polisi yang bertugas di SMPN 7, soal yang tertukar dikembalikan ke Mapolresta. “Ternyata soal Matematika masuk ke dus untuk ujian hari Kamis,” ujar Suhariyanto.

Diakui insiden kecil itu tidak sampai membuat pelaksanaan UN molor. Masih ada selang waktu sekitar 10 menit sehingga pelaksanaan UN hari itu bisa tetap dilaksanakan sesuai jadwal. ari

author