banner 468x60

Naskah Soal UN Susulan Dibuat Beda

3 views
iklan

distribusi-soal-ujian-nasional-Penakita | JAKARTA – Pelaksanaan ujian nasional (UN) di sejumlah daerah sudah selesai Kamis (18/4/2013). Namun, proses UN 2013 belum sepenuhnya tuntas lantaran masih ada beberapa daerah yang justru baru mulai Kamis (18/4/2013).

Selain itu, para siswa yang berhalangan ketika pelaksanaan UN utama yang dimulai Senin-Kamis (15-18/4/2013) juga baru akan menjalani UN susulan mulai Senin-Kamis (22-25/4/2013) mendatang. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh menjamin materi soal UN susulan tidak sama dengan UN utama.

Menurut M Nuh, sejak awal pembuatan naskah soal memang sudah dibuat berbeda. Hal itu untuk menjamin siswa yang ikut UN susulan tetap fokus dan tak terganggu iming-iming jawaban dari rekannya atau orang-orang iseng.

Tongkrongi Percetakan
Karut marut pelaksanaan UN 2013 di 11 provinsi di Indonesia ini, tak ayal membuat Nuh harus kerja ekstra untuk menjamin distribusi naskah UN bisa sampai di tempat dengan lancar. Untuk itu, mantan Rektor ITS ini terpaksan menunggui tempat percetakan soal-soal UN yang dikerjakan PT Ghalia di kawasan Bogor

“Setiap hari saya ngecek nongkroking di sana (percetakan). Pagi juga begitu saya di sana pastikan dan memang harus ditongkrongi,” begitu tegasnya.

Menurut Mendikbud dia harus menunggu di lokasi percetakan soal-soal UN itu untuk memastikan percetakan dan proses pengepakan berjalan lancar.  “Harus didorong ini selesai harus dimasukkan ke truk, harus dikirim segera dan kalau tidak begitu tidak selesai-selesai,” tegas Nuh.

Soal-soal yang ditongkrongi percetakannya oleh Mendikbud adalah soal-soal UN yang akan dikirim ke 11 provinsi yang akan melaksanakan UN Kamis (18/4/2013).  dde

 

 

author