banner 468x60

Ngegame Lebih Baik Daripada Nonton TV

404 views
iklan

AUSTRALIA – Satu penelitian di Australia melaporkan bahwa main video game Bisa jadi lebih baik daripada menonton televisi. Penelitian Yang dilakukan para ilmuwan bahasa Dari Queensland University of Technology menemukan bahwa anak yang menghabiskan waktu bermain video game akan mengalami peningkatan daya kognitif lebih baik daripada anak yang menghabiskan waktu menonton TV.

Para ilmuwan menemukan bahwa anak usia hingga lima tahun menghabiskan sekitar dua atau tiga jam sehari menonton TV dan tiga puluh menit untuk bermain video game atau komputer. Salah Satu ilmuwan dari penelitian itu, Dr Daniel Johnson dari Queensland University of Technology, mengatakan bahwa menonton TV adalah lingkungan kegiatan pasif. Sementara bermain video game adalah lingkungan kegiatan Yang lebih interaktif.

Lingkungan kegiatan interaktif sangat baik untuk anak, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan kognitif, dan aktivitas sosial masyarakat. “Ada banyak pemberitaan negatif tentang video game, namun penelitian menunjukkan dampak negatif video game hanya terlihat pada segelintir orang,” kata Johnson sebagaimana dilaporkan MedicalDaily.

Baru-baru ini satu daftar menyatakan bahwa video game dapat meningkatkan aktivitas fisik pada anak-anak perkotaan, sehingga permainan ini dapat membantu menjaga hormon tubuh mereka. “Penelitian telah menunjukkan bahwa video game aktif seperti Nintendo Wii, Sony PlayStation Move, Serta XBOX Kinect, dapat digunakan untuk memotivasi anak-anak berolah raga lebih dan aktif di ruang terbuka daripada bermain game, “tambah Johnson. Ilmuwan bahasa Dari Queensland University of Technology,

Namun harus diingat tidak semua video game pantas dimainkan anak-anak. “Dan orang tua harus memastikan anak-anak bermain video game tidak berlebihan,” kata Dr Penny Sweetser.

*Menurut perkiraan ilmuwan, anak-anak di Amerika menghabiskan waktu 4,5 jam untuk menonton TV dan lebih dari satu jam untuk bermain video game.

author