banner 468x60

Nikmatnya Berpuasa Baik untuk Kesehatan

505 views
iklan

ilustrasi puasaPenakita | SURABAYA – Percaya atau tidak, selain membuat usia kita lebih panjang, berpuasa ternyata dapat memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian, kegiatan yang wajib dilakukan setiap muslim di dunia setahun sekali ini akan menjauhkan kita dari ancaman berbagai jenis penyakit berbahaya.

Seorang ilmuwan bernama Shahid Athar MD pernah membuat sebuah penelitian yang mengungkap kelebihan berpuasa dalam hal medis. Fungsi pertama yang dia temukan adalah manajemen berat badan yang baik. Bagi Anda yang ingin diet, cara ini lebih efektif. Tentu jika dilakukan dengan kegiatan fisik yang baik.

Waktu istirahat yang lebih lama dari organ pencernaan menjadi rahasia di balik ini semua. Karena hal ini membuat penurunan produksi lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, menurut Shahid, dengan berpuasa gula darah orang akan lebih rendah. Kondisi ini secara otomatis juga menurunkan produksi kolesterol dan tekanan darah sistolik.

Dalam reka medik, puasa membuat seseorang lebih sehat dan jauh dari masalah tekanan darah dan penyakit metabolik sindrom. Seperti obesitas, diabetes dan hipertensi. Puasa juga disebut sebagai terapis untuk menghindari penyakit jantung, seperti masalah arteri koroner, batu ginjal dapat pula teratasi.

Selain itu produksi glukosa yang stabil juga memberi efek kesehatan psikologis yang baik bagi seseorang. Pada tahun 1994 dalam sebuah kongres Internasional berjudul Kesehatan dan Ramadan yang diselenggarakan di Casablanca, ada sekitar 50 makalah penelitian dari seluruh dunia yang meneliti kebenaran hal ini. Dari peneliti Muslim dan non-Muslim yang telah dilakukan secara ekstensif, dapat menarik kesimpulan berpuasa sangat baik untuk kesehatan. adi

author