banner 468x60

Nilai Rata-Rata UN 8,00 Bisa Masuk Sekolah Kawasan

528 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Setelah melalui perdebatan panjang dan alot, Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Ikhsan2akhirnya sepakat standar nilai minimal yang diperbolehkan mendaftar sekolah kawasan diturunkan. Jika sebelumnya nilai rata-rata minimal ujian nasional (UN) dipatok 8,5 (total 34,00), kini diturunkan menjadi 8,00 (total 32,00).

Penurunan ini juga diterapkan untuk nilai minimal dari empat mata pelajaran yang diikutkan UN. Bila sebelumnya masing-masing pelajaran minimal 7,50 kini menjadi 7,25.

“Setelah mendapat masukan dari banyak pihak akhirnya kami sepakat menurunkan standar nilai untuk masuk sekolah kawasan,” ujar Drs Ikhsan MSi, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Rabu (5/6/2013).

Ditambahkan, keputusan itu dihasilkan berdasar rapat yang diselenggarakan bersama tim PPDB serta berbagai kalangan, termasuk para kepala sekolah kawasan. “Keputusan ini untuk memenuhi rasa keadilan, sekaligus merespons pendapat yang disampaukan masyarakat,” katanya.

Menurut Ikhsan, perubahan standar minimal itu diyakini bisa diterima banyak pihak. Di sisi lain, bagi sekolah kawasan sendiri, perubahan itu membuat tingkat persaingan kian ketat. Berbeda dengan sebelumnya yang malah dikhawatirkan bakal kekurangan murid lantaran tidak sesuainya pagu sekolah kawasan dengan jumlah siswa yang memiliki nilai sesuai standar minimal. ari

author