banner 468x60

Nilai Rata-Rata UN SMP Turun. Ini Penyebabnya!

468 views
iklan

lulus UNASPenakita | JAKARTA – Tidak hanya tingkat kelulusan yang mengalami penurunan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh juga mengaku nilai rata-rata ujian nasional (UN) 2013 di tingkat SMP/MTs pun turun dibanding tahun lalu.

Mendikbud lalu memapar, nilai rata-rata UN di jenjang SMP/MTs tahun lalu mencapai 7,47, sedang tahun ini hanya 6,1. Penurunan rerata nilai UN ini, lanjut M Nuh, diduga lantaran ditingkatkannya bobot soal pada UN tahun ini.

“Memang turun 1,37 nilai rerata UN murni untuk jenjang SMP/MTs kali ini,” tegas Nuh saat jumpa pers di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Pada tahun ini, masih kata Mendikbud, bobot soal yang sulit naik menjadi 20 persen sedangkan pada tahun lalu bobot soal yang sulit jumlahnya hanya mencapai 10 persen dari keseluruhan soal.

“Jadi kalau nilai itu 1,37 itu, analisa kami bobot soal yang sulit karena kami naikan. Dari 10 persen jadi 20 persen,” bebernya.

Namun menurutnya, kenaikan bobot soal ini dianggap wajar. Pasalnya, selama ini nilai batas kelulusan sudah sampai pada batas yang sesuai yaitu 5,5 sehingga yang memungkinkan untuk perbaikan adalah menaikkan bobot soal tersebut.

“Dinaikkan itu kan maksudnya agar tambah baik lagi. Jadi tidak apa, dengan demikian ke depannya harus lebih siap lagi,” cetus mantan Rektor ITS ini. dde

author