banner 468x60

Ombudsman Upayakan Mediasi Pengaduan Masyarakat

323 views
iklan

ombudsmanPenakita | SURABAYA – Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur mengaku menerima empat pengaduan terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2013. Pengaduan itu diantaranya mengenai kuota satu persen siswa mutasi dari luar kota, dan pengaduan lima persen kuota untuk jalur Mitra Warga.

“Ada juga orangtua yang keberatan terhadap kuota cadangan di SMAN 6,” terang Achmad Khoirudin, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur di Surabaya.

Dari pengaduan yang masuk, lanjut Khoirudin, tiga diantaranya sudah dilakukan mediasi dengan Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya. Dari mediasi itu akhirnya Ombudsman berhasil mendapatkan jalan tengah yang baik atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Yang satu lagi masih akan kami mediasikan pada Jumat (5/7/2013) mendatang,” begitu ungkapnya. Pengaduan yang akan dimediasikan menyangkut kuota lima persen dari jalur Mitra Warga.

“Salah seorang wali murid minta klarifikasi ke Dindik terkait informasi yang ia terima tidak komprehensif. Kami rencanakan mediasi Jumat depan,” katanya sambil menambahkan, pihak Dindik seharusnya memberi informasi jelas pada masyarakat sehingga tidak menimbulkan salah paham.

Pihak Ombudsman, lanjut Khoirudin, akan minta keterangan ke Dindik lantaran ada masyarakat merasa dirugikan terkait pemberian informasi dan hasil pengumuman PPDB dengan nilai yang dibawah standar. “Kenapa ada siswa yang punya nilai di bawah standar kok bisa lolos,” ucapnya. ari

author