banner 468x60

Optimo 1 Hadiah Spesial untuk Ulang Tahun Emas Fakultas Teknik UB

424 views
iklan

MOTRIK Optimo 1 FT UBPenakita | MALANG – Optimo 1, mobil listrik karya 15 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin (TM) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) ini memang istimewa. Bukan hanya lantaran dirakit dalam sebulan.

Yang lebih spesial, proses pembuatan mobil warna biru ini bermula dari sebuah tantangan. Akhir Agustus lalu, Prof Dr Ir Mohammad Bisri, Dekan Fakultas Teknik UB, menantang para mahasiswanya untuk membuat sebuah mobil listrik hanya dalam waktu sebulan.

Bagi Yahya Fahriza, dan kawan-kawannya, mobil listrik (motrik) bukan hal baru. Sebelumnya mereka malah sudah membuat dua buah motrik. Maka ketika menerima tantangan dari sang dosen, Yahya dan Tito Bagus Novantio serta 13 teman-temannya pun tak terlalu masalah.

Apalagi masa satu bulan penyelesaian itu adalah momen spesial yaitu ulang tahun ke-50 Fakultas Teknik UB. “Waktu itu yang terpikir, bila kami sukses mewujudkan tantangan itu semata bentuk sumbangsih kami pada almamater yang sedang berulang tahun emas,” ujar Tito Bagus.

Yahya dkk pun segera membuat rancangan proposal membuat motrik yang memiliki potensi daya jual. Maka tim Yahya sepakat membuat motrik berjenis city car.

“Proposalnya kami susun tepat 1 September. Mengurus administrasi dari proposal ini kami lakukan sampai tanggal 19 September. Keesokan harinya langsung kami buat motrik ini,” ungkap Yahya.

Karena perencanaan sudah tersusun rapi, maka mereka tak butuh waktu lama. Apalagi mesin yang dibeli dari Amerika datang tepat waktu yang memudahkan mereka merakit Optimo 1.

Setiap hari, para mahasiswa ini menghabiskan waktu di bengkel TM FT UB untuk merakit mobil mereka. Tak jarang mereka harus tidur di bengkel, hingga membolos kuliah demi menjawab tantangan sang dekan.

Berkat kerja keras serta keseriusan yang tinggi, maka Optimo 1 bisa selesai sesuai waktu yang ditentukan. Dan tiga hari kemudian, mobil itu pun disuguhkan sebagai hadiah bagi ulang tahun ke-50 FT UB. sum

author