banner 468x60

Otak Dinosaurus Hanya Sebesar Bola Tenis

24 views
iklan

SPANYOL – Kelompok dinosaurus terbesar yang pernah hidup di bumi ternyata memiliki ukuran otak sebesar bola tenis. Para ilmuwan dikabarkan telah menganalisa tengkorak fosil dinosaurus jenis Ampelosaurus berusia 70 juta tahun yang ditemukan di Cuenca, Spanyol, tahun 2007.

Mereka memindai bagian dalam tengkorak untuk membuat rekonstruksi bentuk otaknya. Hasil rekonstruksi tiga dimensi menunjukkan, ukuran otak dari reptil besar yang memiliki leher dan ekor panjang itu tidak lebih besar dari sebuah bola tenis.

“Jenis dinosaurus ini memiliki panjang yang mencapai 15 meter, tapi otaknya tidak lebih dari 8 sentimeter,” ujar Fabien Knoll, ahli paleontologi di National Museum of Natural Sciences Spanyol, seperti dikutip LiveScince.

Meski jenis dinosaurus ini pertama muncul sekitar 160 juta tahun lebih awal dari usia fosil Ampelosaurus yang diteliti, namun para ilmuwan tidak melihat otaknya berkembang bersama berjalannya waktu.

“Kami tidak melihat adanya pembesaran otak pada jenis dinosaurus raksasa ini sepanjang waktu. Tidak seperti kelompok mamalia dan burung, yang ukuran otaknya cenderung meningkat bersama berjalannya waktu,” kata peneliti Lawrence Witmer, ahli anatomi dan paleontologi di Ohio University, AS.

Hasil lengkap penelitian dari para ilmuwan tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Plos One edisi Januari 2013.

author