banner 468x60

Pagu Kosong di SMAN Kota Malang Dioptimalkan untuk Program Afirmasi

400 views
iklan

Layanan Orientasi Sekolah SMAPenakita | MALANG – Hari pertama proses belajar mengajar tahun ajaran 2013-2014, Senin (15/7/2013, di Kota Malang belum diisi kegiatan belajar mengajar (KBM). Sejumlah sekolah masih melakukan Masa Orientasi Sekolah (MOS) serta perkenal jajaran guru pada murid-murid baru.

Sementara itu, informasi yang diperoleh PENAKITA.com, pada tahun ajaran 2013-2014 ini di kota Malang tercatat 2.823 siswa baru SMAN, dan 6.521 siswa baru SMPN. Namun, dari jumlah itu sebanyak 50 siswa SMAN yang lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Malang tidak daftar muncul hingga akhir masa daftar ulang pada 9 Juli lalu.

“Sesuai aturan, kursi kosong dibiarkan tak terisi, kecuali sekolah-sekolah yang ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk program afirmasi,” tutur Suwarjana, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang, Selasa (16/7/2013).

Menurut Suwarjana, program afirmasi merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi daerah-daerah tertinggal untuk menikmati pendidikan di kota yang telah maju sistem pendidikannya. “Program ini memang untuk pemerataan pendidikan. Kerjasamanya Kemendikbud dan pemerintah daerah bersangkutan,” cetusnya.

Ditegaskan Suwarjana, program afirmasi ini tidak mempengaruhi pagu sekolah. Artinya, program afirmasi tetap berjalan meskipun semua siswa yang lolos PPDB online mendaftar ulang seluruhnya. “Terlepas ada 50 anak yang tidak daftar ulang, sekolah pasti menyediakan pagu tambahan untuk program afirmasi,” tandasnya. sum

author