Pagu PPDB SMP Kota Malang Ditetapkan Minggu Depan

dindik kota malangPenakita | MALANG – Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Malang tahun ajaran 2013-2014 hanya melalui online. Karena perubahan sistem ini pula maka Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) belum bisa menetapkan pagu PPDB SMP.

“Tahun lalu kan ada dua jalur, online dan mandiri, sedang tahun ini hanya lewat online. Karena itu kami perlu menyesuaikan pagu dulu. Dalam waktu dekat pasti kami rilis,” kata Burhanuddin, Ketua MKKS SPMN Kota Malang.

Menurut Burhanuddin, pagu SMPN Kota Malang akan tuntas setelah seluruh SMPN Kota Malang mengumumkan kenaikan kelas VII dan VIII. “Minggu depan sudah beres. Karena kami tahu kalau di akhir bulan, orangtua dan siswa kesulitan menentukan strategi PPDB,” cetusnya.

Mengenai definisi siswa luar kota Malang yang terkena kuota 10 persen, ditekankan Kasi Kurikulum PEndidikan Menengah Dindik Kota Malang, Budiono, adalah mereka yang sekolah asalnya bukan dari Malang. “Domisili tidak mempengaruhi, melainkan sekolah asal. Dan jatah siswa luar kota tetap 10 persen dari pagu,” ungkap Budiono.

Jadi, lanjutnya, meski domisili siswa bersangkutan berada di luar Malang Kota, namun siswa tersebut telah sekolah di Malang, tetap terhitung sebagai siswa Malang Kota. sum