banner 468x60

Pakai VP9 Dijamin Lihat Video di YouTube Tanpa Buffering

457 views
iklan

VP9-Video-Encoding-CodecPenakita | SAN FRANCISCO – Google kini memasuki era baru dalam hal perambah internet Chrome dan situs berbagi video YouTube dengan memperkenalkan produk baru yaitu Codec VP9. Video-codec open-source itu diperkenalkan Google dalam konferensi Google I/O di San Francisco, 15 Mei 2013 dan baru dirilis akhir Juni lalu.

Codec VP9 yang merupakan bagian dari format audio-video WebM dan disponsori Google selanjutnya diterapkan ke perambah internet Chrome dan situs berbagi video YouTube. Format tersebut didesain untuk memberikan kompresi video bebas royalti bagi video berbasis HTML5.

Sebagaimana diketahui, saat ini WebM menggunakan Codec VP8 sebagai alternatif H.264, codec video yang umum digunakan di internet. Dengan VP9, Google berharap bisa menyamai kinerja codec H.265 yang diperkenalkan Januari lalu.

H.265 bisa memangkas ukuran video berkualitas DVD sebanyak 50 persen, misalnya dari 700MB menjadi hanya 350MB. “Apabila VP9 bisa menyamai kinerja kompresi H.265, maka video dari YouTube bakal bisa diputar tanpa ‘buffering’ alias lebih lancar tak perlu menunggu,” kata Matt Frost, Senior Bussiness Product Manager Chrome Web Media Team, seperti dikutip oleh Cnet.

Keunggulan tersebut tentu sangat berguna terutama bagi pengguna yang menonton melalui koneksi internet berkecepatan rendah. Selain itu, kompresi yang lebih baik juga membuka kemungkinan untuk video lebih berkualitas dengan ukuran file yang sama. dde

author