banner 468x60

Panitia SBMPTN Surabaya Temukan Dua Nomor Ganda di Fakultas Ekonomi Unair

iklan

SBMPTN StikomPenakita | SURABAYA – Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Surabaya menemukan hal yang mencurigakan pada hari pertama ujian tulis, Selasa (18/6/2013). Ada dua peserta diketahui memiliki dua nomor yang sama menjalani ujian di Universitas Airlangga (Unair).

Keduanya masuk di ruangan yang sama yaitu Fakultas Ekonomi Unair. Panitia baru mengetahui ketika ujian berlangsung sampai pukul 09.30 WIB. Pemilik nomer sama itu adalah Iqbal Nursyarif F asal Bangkalan dan Syerly Dwi Arliani dari Sumenep. Setelah ditelusuri ternyata pemilik nomor yang sah adalah Iqbal.

Kejanggalan tersebut pertama kali diketahui Achmad Sholichin, pengawas ruang 211, Fakultas Ekonomi, Unair. Sholichin lalu mencocokkan kedua kartu peserta itu dengan data yang ada di panitia.

“Ternyata identitas yang ada di data kami tercatat atas nama Iqbal. Sedangkan Syerly tidak ada di data panitia,” ungkapnya.

Menurut Bekti Cahyo Hidayanto, Humas SBMPTN dari Unair, kasusnya tengah didalami panitia untuk mengetahui motif sebetulnya. “Apakah ada motif penipuan yang tidak disadari oleh salah satu peserta yang tidak ada datanya di kami. Kami masih mendalami masalah ini,” katanya.

Ditambahkan setelah ujian hari pertama itu selesai, Syerly akan dibawa ke sekretariat panlok di Robotika ITS untuk diinterogasi lebih lanjut. Sedangkan salah satu peserta yang nomornya sama itu, ternyata kami verifikasi namanya benar sesuai yang ada di data peserta pada database kami,” pungkasnya. ari

author