banner 468x60

Panlok Surabaya Pastikan 2.053 Peserta SBMPTN Tidak Lolos!

425 views
iklan

ujian3Penakita | SURABAYA – Ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar serentak secara nasional masuk hari kedua, Rabu (19/6/2013). Namun, Panitia Lokal (Panlok) Surabaya sudah memastikan sebanyak 2.053 peserta dipastikan tidak lolos.

Mereka yang gugur ini adalah peserta yang tidak mengikuti ujian di hari pertama, Senin (18/6/2013). Angka itu potensi bertambah, karena dari laporan yang masuk ke Panlok ada sekitar 60 peserta yang mengabaikan berbagai aturan yang ditetapkan.

Dari 2.053 peserta yang tidak lolos itu, rinciannya adalah 867 peserta dari program Sains dan Teknologi (Saintek), 777 peserta program Sosial Humaniora (soshum), dan 409 peserta program campuran. “Total peserta SBMPTN adalah 37.711 peserta, tapi yang mengikuti ujian hari pertama hanya 35.658 peserta,” ungkap Bekti Cahyo Hidayanto, Humas SBMPTN.

Karena tidak mengikuti ujian hari pertama, secara otomatis mereka tidak mendapat nilai Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang diujikan di hari pertama. Meski mereka hadir di ujian hari kedua, nilai yang akan mereka dapat tidak akan bisa memenuhi syarat yang ditentukan.

Bekti menduga ketidakhadiran ribuan peserta di hari pertama ini karena ada sebagian yang mengikuti daftar ulang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN/ jalur undangan). “Itu dimungkinkan karena daftar ulang SNMPTN bersamaan dengan ujian tulis SBMPTN,” ujarnya sambil menambahkan, selain daftar ulang SNMPTN, peserta yang absen di hari pertama ini kemungkinan terlambat atau ada masalah teknis. ari

author