banner 468x60

Pati Beras Juga Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

400 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Meski terkesen sepeleh, memilih beras yang baik akan memberi kita banyak manfaat, terutama dalam hal kesehatan. Tak cuma sebagai sumber energi instan, beras yang berkualitas akan memiliki manfaat untuk kesehatan kulit bahkan kesehatan tubuh dengan menjaga kadar gula dalam darah.

Seperti dikutip dari onlymyhealth.com, berikut beberapa manfaat saat kita tidak salah memilih kualitas beras untuk konsumsi harian.

* Sumber energi yang baik untuk penderita diabetes – Pada dasarnya beras adalah bahan yang kaya akan karbohidrat. Nutrisi ini sangat baik sebagai bahan bakar konstan untuk tubuh kita. Selain itu, bahan pati yang ada di beras juga bermanfaat bagi penderita diabetes.

* Beras putih dan merah kaya akan nutrisi – Saat menjadi nasi, beras putih umumnya mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh. Tak hanya berisi kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, zat besi, bahan makanan ini juga kaya akan vitamin, seperti niacin, vitamin D, tiamin dan riboflavin.

Tak kalah dengan jenis beras putih, pada beras merah juga terdapat beberapa nutrisi yang menguntungkan bagi tubuh seseorang, seperti sumber serat yang baik yang dapat memperbaiki proses pencernaan, sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol yang tentu saja baik untuk jantung.

* Tingkatkan sistem kekebalan tubuh – Fungsi ini biasanya didapat pada jenis beras merah. Pada jenis beras ini mengandung jumlah neurotransmitter yang tinggi, nutrisi ini sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit Alzheimer (penurunan fungsi otak).

Selain itu beras jenis ini umumnya mengandung bahan antioksidan yang dapat melindungi jantung dengan meminimalkan terjadinya penyakit jantung dan stroke. Selain itu, Sekam padi memiliki sifat diuretik dapat menjadi obat yang efisien untuk disentri. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada beras merah akan melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker.

* Mengoptimalkan program diet – Kandungan karbohidrat yang optimal dan kandungan lemak yang rendah, membuat beras (Nasi) yang dikonsumsi setiap hari dengan porsi yang benar akan membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

* Kontrol Tekanan Darah – Beras mengandung bahan natrium yang rendah. Hal ini akan membantu seseorang dalam mengontrol tekanan darah tinggi.
* Makan beras juga dapat cegah Sembelit – Sebagai bahan makanan kaya serat sehat, beras dapat meningkatkan produksi bakteri menguntungkan. Hal ini akan berdampak positif pada proses pencernaan dan menyehatkan gerakan usus.

author