banner 468x60

Pedagang Kelontong Bikin Sekolah di Bawah Jembatan Layang

423 views
iklan

NEW DELHI, INDIA – Berbekal ilmu dan tempat seadanya, seorang pria di India membuka sekolah gratis bagi anak-anak tak mampu di lingkungan sekitar rumahnya. Tekadnya mengajar begitu besar, setelah pengalaman pahit, menginspirasi dirinya untuk tergerak dan tak ingin generasi muda India mengalami hal yang sama.

Pria dermawan tersebut adalah Rajesh Kumar Sharma (40). Bukan seorang guru, pria ini hanya seorang pengusaha toko kelontong, yang pernah harus mengurungkan niatnya menyelesaikan sekolah bisnis setelah keluarganya tak mampu memberinya biaya.

Berbekal ilmu seadanya, ia pun berniat mengubah nasih anak muda sekitar rumahnya untuk mendapat kesempatan belajar ditengah segala keterbatasan. Untuk melaksanakan niatnya ini, Rajesh memanfaatkan lahan kosong di bawah lalu-lalang jembatan layang.

Berbekal tikar yang sengaja dia sediakan, para murid yang rata-rata berusia 4-12 tahun belajar bersama untuk beberapa mata pelajaran. Seperti membaca, menulis dan matematika.

Sebagai media pembelajaran, Rajesh juga memanfaatkan cat hitam yang dioleskannya secara sederhana di tembok, sebagai pengganti papan tulis. Menurut Rajes, meski tak formal, ia berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan murid-muridnya untuk melanjutkan di sekolah negri di India.

“Mereka masih datang ke sini setiap hari. Saya berusaha untuk menambah pelajaran mereka sesuai kurikulum sekolah,” kata Rajesh seperti dikutip harian India Express.

author