banner 468x60

Pemerintah Daerah Wajib Turut Sukseskan Wajar 9 Tahun

362 views
iklan
Sekretaris Dindik Jawa Timur, Dr Sucipto MSi

Sekretaris Dindik Jawa Timur, Dr Sucipto MSi

Penakita | SURABAYA – Ketua BOS Jawa Timur, Sucipto menghimbau kepada pemerintah daerah di 38 Kabupaten/ Kota Jawa Timur, untuk menunjukkan kepeduliannya kepada dunia pendidikan. Ia menyarankan, agar masing-masing pemerintah daerah tersebut memberi tambahan anggaran, jika dana BOS dinilai kurang untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan di masing-masing daerah.

Pasalnya, keikutsertaan pemerintah daerah (pemda), nantinya dapat mendukung kesuksesan wajar (wajib belajar) sembilan tahun. “Kalau ada tambahan dari pemda kan tambah baik,” kata Sucipto kepada PENAKITA.com, Jumat (5/4/2013).

Menurut Sucipto, wajar sembilan tahun merupakan amanat Undang-Undang Nomor 20/ 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengamanatkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar.

Pada pasal 34 ayat 2 menyebutkan bahwa pemerintah pusat dan pemda menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. Sedangkan dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah, pemda, dan masyarakat.

Konsekuensi dari amanat UU tersebut adalah pemerintah pusat dan pemda wajib memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP) serta satuan pendidikan lain yang sederajat. “Ini kan sangat jelas. Saya berharap pemda ikut menyukseskan pendidikan yang ditetapkan pemerintah pusat,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dindik Jawa Timur ini. ika

author