banner 468x60

Pemerintah Siapkan Rp 4,8 Juta untuk Wajar 12 Tahun

434 views
iklan

SURABAYA – Pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp 4,8 triliun untuk program Pendidikan Menengah Universal (PMU) atau wajib belajar (wajar) 12 tahun. Dana ini khusus untuk diberikan kepada setiap siswa SMA/SMK di seluruh Indonesia. Demikian disampaikan Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad di Surabaya, Rabu (30/1/2013).

“Kami sudah mengalkulasi kebutuhan setiap siswa. Kami memang belum sampai pada angka ideal Rp 2,5 juta per siswa. Untuk saat ini, kami baru bisa mencukupi Rp 1 juta,” kata Hamid, Rabu (30/1/2013).

Selain menghitung kebutuhan pendidikan per siswa di jenjang SMA ini, Hamid juga menghitung berapa siswa yang harus dicukupi. Dirjen Pendidikan Menengah ini mencatat ada 8,5 juta siswa yang harus dibayar. Pembayarannya nanti dalam sistem BOS.

“Tidak hanya siswa baru untuk ajaran baru nanti. Seluruh siswa kelas X – XII semua berhak atas bantuan dana Rp 1 juta per siswa per tahun. Tidak ada lagi nanti beralasan tak ada biaya sekolah di jenjang SMA,” tegas Hamid.

Kemendikbud akan mengucurkan dana untuk wajar 12 tahun dimulai bulan Januari ini. Hingga enam bulan ke depan besaran bantuan dana untuk siswa SMA masih berlaku tahun lalu.

Dan sampai Juni nanti masih berlaku Rp 60.000 per anak per enam bulan. Selanjutnya memasuki tahun ajaran sudah Rp 500.000 per anak per enam bulan.

author