banner 468x60

Pemerintah Siapkan Rp 6 Triliun untuk Beasiswa

399 views
iklan

beasiswa2Penakita | JAKARTA – Sejak Sabtu (22/6/2013) pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Kenaikan BBM itu antara lain dikompensasi untuk menambah anggaran beasiswa bagi siswa miskin di tahun ajaran 2013.

Saat ini, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 6 triliun bagi 13,5 juta pelajar sekolah dasar (SD) hingga SMA. Angka ini diperoleh dari data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan survei Badan Pusat Statistik (BPS).

Di tingkat SD beasiswa yang diberikan meningkat dari Rp 360.000 jadi Rp 450.000 per anak. Tingkat SMP sederajat juga meningkat dari Rp 500.000 jadi Rp 750.000 per anak. Sedang tingkat SMA sederajat mendapat Rp 1 juta dari sebelumnya Rp 700.000 per anak.

“Kemungkinan akhir Juli 2013 beasiswa bisa dicairkan dengan Kartu Perlindungan Sosial,” demikian kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh beberapa waktu lalu.

Ditambahkan mantan Rektor ITS ini, penerima beasiswa dapat mencairkan beasiswa di kantor pos. Pihak kantor pos bisa juga mendatangi sekolah dan menyerahkan langsung kepada anak.

“Uang itu langsung ke anak. Dulu pernah sekolah yang ambil, tapi dipotong untuk sedekah,” tegasnya.

Namun, menurut Mendikbud, pencarian akhir Juli nanti baru bisa untuk penerima beasiswa yang sudah terdata. Khusus untuk siswa kelas 1 SD belum bisa menerima lantaran masih perlu didata siapa saja yang berhak menerima. Pendataan akan dilakukan ketika tahun ajaran baru dimulai.

“Untuk data siswa kelas 1 SD baru diketahui pertengahan Juli. Jadi kemungkinan minggu pertama atau ke dua Agustus baru bisa dicaikan untuk kelas 1,” cetusnya. dde

author