Pemkab Sidoarjo Rekrut Guru Pada Bulan September

guru1Penakita | SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo bakal melakukan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada September mendatang. Jumlah PNS yang diperlukan sebanyak 355 orang, dan dari jumlah itu 55 persen di antaranya (sekitar 190 orang) formasi untuk guru. Sisanya dibagi untuk tenaga kesehatan (35 persen), serta 10 persen untuk tenaga administrasi dan formasi lainnya.

Informasi yang diperoleh PENAKITA.com, banyaknya formasi untuk tenaga pendidik ini untuk mengisi banyaknya guru SD atau guru kelas yang pensiun. “Akibatnya banyak yang dobel menjadi guru lainnya,” kata Hj Sri Witarsih, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo.

Dengan adanya rekrutmen CPNS ini, lanjut Witarsih, bisa mencukupi kebutuhan tenaga guru di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Sedang untuk formasi tenaga kesehatan yang paling banyak dibutuhkan adalah perawat.

Witarsih lalu mengingatkan agar yang berminat menjadi PNS dan memiliki latar belakang pendidikan seperti yang disyaratkan, diharap mewaspadai ulah makelar. Pasalnya, pihaknya yakin rekrutmen CPNS ini bakal diluberi peminat.

Apalagi, lanjut Witarsih, sejumlah daerah di Jawa Timur banyak yang tidak mendapat jatah penerimaan PNS baru setelah moratorium dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN). Membeludaknya peserta yang ada, Pemkab Sidoarjo justru mengkhawatirkan peserta yang akan mendaftar. Karena makelar “Kami hatap masyarakat tidak mudah terpengaruh janji manis makelar. Tes CPNS kami selenggarakan secara jujur dan adil,” papanya.

Wanti-wani Witarsih ini perlu ditekankan lantaran Pemkab Sidoarjo menerima telepon dari seseorang yang menanyakan formasi yang kosong di pemerintahan Sidoarjo. “Pertanyaan itu tidak saya respons karena saya khawatir informasi yang saya berikan bakal dimanfaatkan untuk kepentingan yang tertentu. Formasi yang ada belum bisa dipublikasikan. Nanti pada saatnya akan diumumkan di media massa atau di tempel di lingkungan Pemkab Sidoarjo,” paparnya. ari