banner 468x60

Penanganan Bencana Indonesia Bisa Lebih Hebat dari Jepang. Ini Syaratnya!

iklan

peta gunung kelutPenakita | YOGYAKARTA – Guru besar Universitas Gajah Mada (UGM), Suratman meyakini Indonesia bisa lebih hebat dari Jepang dalam penanganan bencana. Syaratnya, Indonesia harus memiliki atlas bencana yang bisa dimanfaatkan untuk mitigasi bencana.

Ditekankan Suratman, keunggulan Indonesia tidak hanya mengandalkan teknologi, melainkan juga sumber daya manusia (SDM).

“Di Jepang ada gedung yang kokoh yang bisa diandalkan dalam menghadapi bencana, sedang Indonesia bisa mengandalkan manusianya,” begitu cetus Pembantu Rektor bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UGM ini.

Untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut, lanjut Suratman, pemerintah bisa menyisihkan anggaran untuk pengadaan dan penggandaan atlas bencana. “Pasalnya, kalau kita lihat, anggaran pendidikan di Indonesia sangat besar, mencapai 20 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” ujarnya.

Ditambahkan Suratman, materi atlas itu bisa dikembangkan melalui kerjasama berbagai stakeholder seperti Badan Informasi Geospasial (BIG) dan kementerian terkait. Selain itu juga melibatkan ahli geologi, geografi dan geodesi di perguruan tinggi (PT).

“Materi atlasnya bisa dilingkup lokal dan nasional sesuai karakter bencana di masing masing daerah. Diharapkan atlas bencana ini bisa memperkuat intelegensia anak dalam memiliki pengetahuan kebencanaan berbasis kearifan lokal,” pungkasnya. dde

author