banner 468x60

Pencetakan Soal UN Dijamin Lebih Rapi dan Aman!

396 views
iklan
Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof Muchlas

Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof Muchlas

Penakita | SURABAYA – Selain pencetakan soal ujian nasional (UN) 2013, perguruan tinggi yang bakal jadi koordinator pengawas UN pun sudah diputuskan. Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) menetapkan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai koordinator pengawas UN di wilayah Jawa Timur.

“Dengan keputusan ini bupati/walikota sudah bisa mengeluarkan SK pelaksanaan unas di daerah. Dan itu berarti mereka juga sudah bisa mencairkan anggaran pelaksanaan unas,” kata Harun.

Ditambahkan Harun, selain menjamin pelaksanaan UN, pengawas PT juga berperan untuk mengawasi lembar jawaban sebelum proses koreksi.

Terpisah, Rektor Unesa, Prof Muchlas samani menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Jasindo terkait pencetakan soal UN. “Karena SK pengawas dan SK percetakan ini berbarengan yakni tanggal 14 Maret kemarin, jadi setelah itu kami bergerak semua untuk proses pencetakan dan pengawasnnya,” ujarnya.

Muchlas menjamin proses pencetakan soal UN kali ini lebih rapi dan lebih aman dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dia juga menjamin proses pencetakan dan distribusi soal nanti tidak akan bocor karena pihaknya sudah menyiapkan strategi pengawasannya.

Apa strateginya? Muchlas enggan mengungkapkan. “Ini sudah bertahun-tahun kami lakukan, jadi sudah tak ada masalah,” tegasnya.

Terkait pengawas UN, Muchlas mengaku jauh hari sebelum ada SK penetapan pihaknya sudah berkoordinasi dengan delapan perguruan tinggi lainnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Dia menjamin timnya di lapangan sudah siap menyukseskan uN tahun ini. ari

author