Pendaftaran SNMPTN Tetap Gratis!

Mendikbud, Prof Dr M Nuh

Mendikbud, Prof Dr M Nuh

Penakita | JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Mohammad Nuh menegaskan, pemerintah akan menanggung biaya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan yang sama bagi lulusan SMA/SMK/MA melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN)

“Soal nanti diterima dan tidak itu ada aspek yang lain. Tetapi, paling tidak kami harus membuka kesempatan yang sama. Prinsip kesamaan dalam kesempatan yang sama yang harus dipegang,” tegasnya sebagaimana dikutip laman setkab.go.id.

Menurut M Nuh, setiap tahun jumlah lulusan SMA/SMK mencapai dua juta orang dan tidak dibedakan berdasarkan kelas ekonomi untuk dapat diterima di PTN. “Kaya, miskin semua sama. Punya kesempatan yang sama,” papar mantan Rektor ITS ini.

SNMPTN merupakan seleksi non-tertulis dalam pola penerimaan mahasiswa baru PTN. Seleksi dilakukan berdasarkan prestasi akademik siswa berupa nilai rapor, hasil ujian nasional (UN), dan prestasi lain. Data-data yang diperlukan dalam pendaftaran SNMPTN dimasukkan sekolah secara daring melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.

SNMPTN 2014 akan diikuti siswa lulusan SMA/SMK yang berasal dari 14.000 sekolah di seluruh Tanah Air. Mereka akan bersaing memperebutkan kursi di 63 PTN dengan total daya tampung sebesar 150.000 mahasiswa. dde