banner 468x60

Pendidikan di Indonesia Tertinggal Dibanding Malaysia. Ini Solusinya!

iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | YOGYAKARTA – Upaya memajukan pendidikan di Tanah Air tidak hanya jadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), atau sekolah dan perguruan tinggi. Semua lembaga di negeri ini, ditegaskan Sugiharsono, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) punya tugas yang sama.

“Perhatian serta peran berbagai lembaga dan institusi tersebut sangatlah penting dalam melepaskan pendidikan Indonesia dari stagnasi saat ini,” tegas Sugiharsono.

Dalam kaitan itu, Sugiharsono mendukung dan menyambut baik gerakan mengajar oleh berbagai pihak, termasuk yang dilakukan PT Pertamina. Ditemui disela-sela kegiatan kuliah umum yang menghadirkan Badan Usaha Milik Negeara (BUMN) PT Pertamina, Sugiharsono menegaskan, pendidikan Indonesia secara keseluruhan masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Menurutnya, pendidikan Indonesia hanya setara dengan Vietnam maupun Laos yang sebelumnya jauh tertinggal dibanding Indonesia. Dengan keterlibatan institusi besar dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia, ia berharap mampu menginspirasi para generasi muda Indonesia.

”Mahasiswa dapat mencontoh kerja keras dan keuletan para petinggi di instansi, dalam hal ini Pertamina yang bisa mencapai sukses. Dengan begitu, dari sisi praktik, mereka bisa langsung mendapat penuturan secara langsung,” tandasnya. dde

author