banner 468x60

Penerima Bantuan Siswa Miskin Naik Rp 14 Juta Orang

499 views
iklan

siswa miskinPenakita | JAKARTA – Jumlah penerima program bantuan siswa miskin (BSM) di tingkat SD hingga SMA dari anggaran kompensasi kenaikan harga BBM bakal meningkat menjadi total 14 juta siswa. Di tingkat SD jumlah penerima yang semula tiga juta menjadi delapan juta siswa, untuk tingkat SMP, dari 1,6 juta siswa menjadi empat juta siswa, dan untuk SMA/SMK naik dari 1,1 juta jadi 1,87 juta siswa.

Menurut Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bukan hanya jumlah siswa penerima yang meningkat. Jumlah bantuan yang diterima atau unit cost pun nantinya menjadi lebih besar.

Untuk SD, yang semula menerima Rp 350.000 naik jadi Rp 450.000 pertahun. Sedang tingkat SMP, dari semula Rp 560.000 menjadi Rp 750.000 untuk masing-masing siswa setiap tahunnya. Tetapi, untuk SMA/SMK jumlahnya tidak berubah yaitu Rp 1 juta/siswa per-tahun.

“Penambahan unit cost dan siswa penerima ini mulai bulan Juli mendatang. Penyaluran BSM ini sedang dievaluasi di DPR. Banyak evaluasinya seperti ketidaktepatan sasaran. Yang dievaluasi sekolah,” tandasnya. dde

author