banner 468x60

Penerimaan PPDB SMA Berlangsung Hingga 13 Juni, Peraih Rangking di Hari Pertama Pendaftaran Belum Pasti Diterima, Ini Penjelasannya

iklan
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Jalur Offline berlangsung hingga Kamis (13/6/2019). Khusus untuk Jalur Prestasi, peraih rangking saat pendaftaran hari pertama belum dipastikan diterima.

Penakita.com | SURABAYA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Jalur Offline mulai dibuka Selasa (11/6/2019) hingga Kamis (13/6/2019). Khusus untuk Jalur Offline ini peserta didik harus datang langsung ke sekolah yang diinginkan.

Ada empat pilihan untuk Jalur Offline ini, yaitu Jalur Prestasi, Jalur Perpindahan Tugas, Jalur Inklusif, dan Jalur Keluarga Tidak Mampu. Terkait pagu masing-masing jalur berbeda, Jalur Perpindahan Tugas Orangtua misalnya sebanyak 5 persen.

Kuota Jalur Prestasi 5 persen dari pagu sekolah, terdiri dari 3 persen Prestasi Lomba Akademik/Non Akademik dan 2 persen Prestasi Nilai Ujian Nasional.

Para orangtua murid dan siswa mulai berdatangan ke sekolah-sekolah yang jadi target masing-masing. Meski sudah membawa berkas yang diperlukan, tak semuanya langsung mendaftarkan diri.   

Beberapa hanya sekedar bertanya peluang anaknya, khususnya untuk bisa masuk Jalur Prestasi yang dibatasi kuota 5 persen. “Peraih rangking saat pendaftaran hari pertama belum dipastikan diterima,” tegas RA Roosdiantini, Kepala SMAN 16 Surabaya.

Alasannya, menurut Roosdiantini, pendaftar Jalur Prestasi NUN, akademik maupun nonakademik masih terus bertambah hingga hari terakhir pendaftaran.

Roosdiantini mengungkapkan, untuk Jalur Prestasi NUN pada hari pertama mendaftar mencapai 18 orang dari SMPN 6,12, 35 dengan nilai terbesar 391,0 dan terkecil 351,0.

“Bisa saja yang nilainya di atas 391 masih nunggu hari terakhir mendaftar,” ungkapnya.

Apalagi setelah tahapan pendaftaran masih ada tahap verifikasi dan validasi pada tanggal 14 dan 15 Juni sebelum diumumkan secara offline pada 17 Juni 2019.

Roosdiantini menegaskan bahwa verifikasi dan validasi ini penting untuk menentukan kebenaran dokumen pendaftar offline. Seperti pada Jalur Nonakademik yang diikuti berbagai jenis lomba dengan berbagai lembaga penyelenggara.

“Semua boleh daftar dan kami terima, tapi nanti kami verifikasi lagi. Misal yang ikut lomba kalaupun internasional tapi tidak berjenjang juga tidak bisa kami terima. Semuanya ada di juknis tentang jenis lomba dan skornya,” cetusnya. dit

author