banner 468x60

Penerimaan Siswa Serentak Masih Belum Jelas

486 views
iklan

SURABAYA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Surabaya yang direncanakan digelar serentak bersama Sidoarjo dan Gresik belum jelas kapan digelar. Semula dijadwalkan sekitar 25 April sudah bisa digelar. Namun hingga saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut.

Ketika dikonfirmasikan langsung ke Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan, rencana itu masih belum ada tindaklanjut. “Kami masih sibuk dengan tugas masing-masing dulu. Terutama setelah RSBI dibubarkan. Nanti kami bahas lagi,” ujar Ikhsan, Rabu (30/1/2013).

Namun ketiga pihak sepakat dengan komitmen bersama mereka, bahwa, Dinas Pendidikan Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik akan menggelar PPDB bersama. Ini untuk mengantisipasi dampak yang timbul jika digelar saling mendahului.

Sidoarjo dan Gresik terutama, merasa dirugikan karena input calon siswa adalah mereka yang biasanya lebih dulu mencoba sekolah di Surabaya. Jika tidak diterima baru mendaftar ke Sidoarjo atau Gresik, khususnya siswa perbatasan.

Ini lantaran Surabaya dengan kemampuan APBD-nya mampu menggratiskan SPP mulai SD sampai SMA/SMK. Tidak hanya itu, seluruh investasi pendidikan yang biasanya dibebankan kepada siswa tidak berlaku di Surabaya.

“Kami juga sepakat bahwa pengaktegorian siswa luar kota adalah didasarkan pada KK calon siswa. Jadi dengan komitmen bersama ini bisa menghindari gejolak masyarakat,” ungkap Ikhsan.

author