banner 468x60

Pengajar PAUD Belum Berkualitas

434 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | JAKARTA – Pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting karena hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan otak anak berlangsung pesat pada usia tiga tahun pertama. Sayangnya belum semua pengajar PAUD berkualitas sehingga masih perlu pendidikan dan pelatihan agar mampu jadi pengajar.

Idealnya tenaga pengajar PAUD telah menyelesaikan diklat kompetensi dasar berjenjang yang dilakukan oleh Kemendikbud RI. Yang cukup memprihatinkan saat ini, meski berbagai penelitian menunjukkan PAUD penting bagi perkembangan anak namun sampai sekarang sebagian besar anak tidak memperolehnya.

“Saat ini hanya 60 persen anak berusia 4-6 tahun di Indonesia telah menjadi siswa PAUD, namun apabila ditarik dalam skala lebih besar, untuk usia 1-6 tahun, total cakupan anak yang mengikuti PAUD hanya 35 persen saja,” kata Prof Dr Lydia Freyani Hawadi, Direktur Jenderal PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jumat (22/2).

Guru Besar Psikologi Anak Universitas Indonesia ini menambahkan, PAUD sendiri bermanfaat untuk menyiapkan anak usia pra-sekolah mencapai kematangan untuk mengikuti pendidikan dasar.

author