banner 468x60

Pengiriman Ditutup, Juri Bakal Pilih 600 Karya Foto

394 views
iklan
Sebagian karya peserta yang sudah masuk ke meja panitia dan siap dinilai juri

Sebagian karya peserta yang sudah masuk ke meja panitia dan siap dinilai juri

Penakita | SURABAYA – Masa pengiriman karya foto sudah ditutup. Dan dari catatan panitia, peserta Lomba Foto Anak & Story Telling 2014 ini mencapai 200 orang dengan jumlah karya sekitar 600 buah foto.

“Dengan estimasi tiap peserta mengirim rata-rata tiga buah foto, maka total ada 600 foto. Artinya ada peserta yang mengirim di batas maksimal lima buah karya, tetapi ada pula yang cuma mengirim satu atau dua buah,” ungkap Masich Prasetyo, Ketua Panitia Lomba Foto Anak & Story Telling 2014, Selasa (18/11/2014).

Dari data sementara, lanjut Pras, asal peserta adalah dari luar Jawa ada dari Aceh dan Medan. Lainnya, berasal dari Jakarta, Wonosobo, Klaten, Jogjakarta, Temanggung, Lumajang, dan Surabaya.

Dewan juri yang diketuai Muhamad Sujai Rabu (19/11/2014) dijadwalkan segera melakukan tugasnya menyeleksi foto hingga menemukan enam pemenang. Dari enam finalis ini langsung pula ditentukan Juara 1, 2, 3, dan Juara Harapan 1, 2, dan3.

“Selain itu, akan kami tentukan pula sejumlah karya pilihan yang nanti akan turut dipamerkan di Perpustakaan Bank Indonesia bersama karya para pemenang. Tetapi, kami belum bisa tentukan berapa banyak karya pilihan itu,” cetus Muhamad Sujai.

Pameran karya foto tersebut akan dilaksanakan di Perpustakaan Bank Indonesia di Jl Taman Mayangkara no 6 Surabaya selama dua hari, Sabtu-Minggu (22-23/11/2014). Dan untuk mengisi kegiatan pameran panitia menggelar serangkaian kegiatan, yaitu Lomba Mewarnai untuk anak-anak TK dan Lomba Story Telling bagi Bunda PAUD dan guru TK.

Sebagaimana diberitakan, untuk kedua kalinya PENAKITA bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengadakan Lomba Foto dalam rangka Hari Anak dan dirangkai peringatan Hari Pahlawan 2014. Tetapi, kali ini materi lomba ditambah dengan penyelenggaraan Lomba Mewarnai dan Story Telling.

Lomba Mewarnai khusus bagi siswa TK usia 4-6 tahun. Sedang Story Telling disasarkan bagi para Bunda PAUD dan guru TK di kawasan Surabaya dan sekitarnya.

“Titik bidiknya tetap sama, yaitu anak-anak. Dan karena penyelenggaraan lomba kali ini pada bulan November maka tema yang diambil adalah seputar kepahlawanan. Ini tentu penting, khususnya dalam rangka memberi pengertian masalah sosok pahlawan dalam versi yang berbeda, pahlawan yang tak lagi membawa senjata melawan penjajahan. Di era merdeka ini sosok pahlawan lebih kompleks lagi,” papar Ari Prabowo, Panitia Lomba Foto Anak & Story Telling 2014.

Menurut Ari, untuk ikut lomba-lomba ini peserta tak dipungut beaya alias gratis. Namun, peserta terlebih dulu harus mendaftar melalui formulir yang ada di website penakita.com. Berkas formulir yang sudah diisi kemudian dikirim via email ke lombafoto.penakita@gmail.com.

Meski batas akhir pendaftaran bisa dilakukan hingga Jumat (21/11/2014), namun Ari mengharap peserta segera mendaftarkan diri karena jumlah peserta dibatasi. “Untuk lomba mewarnai maksimal 75 anak, sedang lomba story telling kami hanya terima sampai 50 orang. Ini semata karena tempat dan waktunya sangat terbatas. Jadi begitu jumlah peserta mencukupi langsung kami tutup,” kata Ari. sum

author