banner 468x60

Penipu Incar Calon Mahasiswa Unair. Ini Modusnya!

335 views
iklan

hati-hati-penipuanPenakita | SURABAYA – Ada saja ulah penipu untuk mengeruk keuntungan bagi dirinya. Di tengah hiruk pikuk pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, mereka beraksi mencari mangsa.

Dan yang menjadi target adalah calon-calon siswa yang menggebu masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Kasus ini terungkap di Universitas Airlangga (Unair). Namun, tidak tertutup kemungkinan juga terjadi pada PTN lainnya.

Modus yang dipakai cukup tergolong lama yakni dengan memberikan surat pemberitahuan bahwa pendaftar diterima sebagai calon mahasiswa Unair dari jalur SNMPTN. Dalam surat tersebut, siswa lalu diminta menghubungi nomor telepon tertentu.

Menanggapi temuan ini, Bagus Ani Putra, Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair menegaskan agar masyarakat, khususnya para siswa waspada. Pasalnya, hal itu tidak mungkin dilakukan pihaknya. Sesuai ketentuan pengumuman hasil dan proses daftar ulang bagi pelamar yang diterima masuk Unair melalui jalur SNMPTN cukup dilakukan secara online.

Ditambahkan pula, Unair juga tidak pernah mengumumkan melalui surat pemberitahuan. “Kami banyak dapat laporan adanya penipuan ini melalui telepon, SMS maupun media sosial Unair,” kata Bagus.

Diantara laporan itu diterima via Facebook dari pendaftar asal Purwokerto serta via Twitter dari pendaftar asal Tasikmalaya. Setelah di cek, ternyata nomor peserta keduanya itu tidak termasuk sebagai peserta yang lolos SNMPTN Unair.

“Kami sudah mengirimkan pemberitahuan balik ke mereka bahwa mereka tidak diterima di Unair dan kami tidak pernah mengumumkan via surat. Beruntung mereka belum mengirimkan uang ke pelaku (penipuan),” tuturnya.

Atas penipuan ini pihaknya telah mendapatkan nomor ponsel pelaku dan mendaftarkan nomor tersebut ke provider seluler untuk diblokir. “Agar penipuan ini tidak terulang kami meminta masyarakat agar konfirmasi dulu ke kami ketika menerima info yg tidak jelas mengatasnamakan pengumuman SNMPTN. Bisa juga dengan menghubungi Facebook kami dengan alamat Universitas Airlangga dan twitter Unair_Official,” beber Bagus yang juga Dosen Psikologi.

Selain mendapat laporan dari pendaftar SNMPTN, Unair juga banyak mendapat telpon dari para penerima bidik misi. Mereka menanyakan adanya pihak yang menawarkan pengurusan bidik misi.

Setelah ditelusuri ternyata benar ada organisasi yang bernama Airlangga University Bidik Misi Organization. Ini adalah organisasi yang didirikan para penerima bidik misi Unair tahun-tahun sebelumnya. Mereka memiliki program pendampingan bagi 464 penerima bidik misi yang baru agar mudah dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

“Organisasi ini tidak memungut biaya apapun karena memang tujuannya membantu adik-adiknya sesama penerima bidik misi,” pungkasnya. ari

author